Senin, 25 April 2016

Rejekiku, Deritamu

Dear pembaca yang maha pengertian,

Hampir dua taun gue sama Gusti membengkalaikan blog yang nyaris tenar ini. Lebih banyak emang kesalahan gue. Banyak hal dan perkara yang membuat gue ga sanggup lagi nulis secara berkelanjutan. Tapi toh pada akhirnya hasrat kita buat jadi public figure mengalahkan segalanya. Jadi, di tengah kesibukan yang makin membahana, gw putuskan untuk melanjutkan apa yang kita berdua mulai taun 2012 silam.

Sebagai pengantar, tulisan-tulisan di blog ini akan sedikit berbeda dengan yang dulu. Kita (gue sama Gusti) yang semakin “dewasa” memutuskan menulis hal-hal yang sedikit lebih serius dan mudah-mudahan menginspirasi orang-orang kurang kerjaan yang kebetulan mampir ke blog ini.

Topik inspirasional kita hari ini adalah rejeki.  

Jangan salah sangka dulu, gue sama Gusti bukan mau pamer kalo kite banyak duit. Karena alhamdulillah, sampe sekarang walaupun udah agak sejahtera tapi belom lah kite sanggup belanja di Grand Indonesia langsung bayar tanpa ngeliat harga (iye, itu ukuran kesuksesan kita berdua). Rencana masa lalu mau beli jam merk Tag Heuer (yang sampe sekarang kite ga ngarti gimane bacanya) pun kaga juga kesampean.

Yang menandakan kita sekarang udah agak sejahtera, seperti yang pasti lau semua udah duga, adalah pelebaran ukuran celana. Kite berdua udah ga lagi semlohei kayak empat tahun lalu. Sekarang lau semua bakal susah bedain mane gue mane tiang reklame. Gusti juga sama, kalo lau ketemu di jalan pasti die lu sangka truk sosialisasi program KB.

Jadi, beberapa hari lalu gue ketemu sama Gusti di Fx Sudirman. Baru gue masuk ke sebuah restoran cepat saji, sebut aje namanya Wendy’s, gue langsung liat tu tongkrongannye si Gusti. Padahal doi duduk di balik tembok. Paham kan lau ukurannya kalo udah ketutup tembok aje masih keliatan.

Belom juga gue naro pantat di kursi, Gusti langsung nyerocos, “Mabs, tadi gue bayar Go-Jek gue lebihin goceng.”   

Lah, urusannye ama gue apaan. Pikir gue.

“Itu Mabs yang namanye mempermudah rejeki orang laen,” kata Gusti sembari benerin selendangnye. Sama ngunyah kentang. 18 batang. Sekali mangap.

Gw udah apal, kalo udah begini setelannye berarti Mamah Dedeh bentar lagi keluar. Demi menghargai sohib gue yang satu ini gue pasang muka penuh perhatian.

Jadi begini cuplikan ceritanye:

Telpon Gusti berbunyi, kriiiiiiiiiiiiiiiiiing.

“Hallooh,” Gusti menjawab dengan nada sok manja.

“Mba, ini aku dari Go-Jek,” sahut suara di ujung sana.

“Oh, oke. Kok kamu lama banget telponnya?” sampe sini gue udah mulai curiga ada yang salah dengan motif si Gusti order Go-Jek.

“Maaf Mba, aku tadi beli pulsa dulu.”

“Oh, pulsanya abis? Kok bisa abis? Emang kamu pake telpon siapa aja sih? Hah?”

Sampe sini gue cuma bisa kasian sama Mas Gojek yang entah salah apa sebelumnya sampe nge-klik orderannya si Gusti.

“Iya, iya, maaf, Mba. Aku jemput sekarang ya. Di Senayan City kan?” Mas-nya cukup cerdas untuk ga ngeladenin penumpang haus belaiannya.

“Eeeeeh masih nanya! Kamu tu ya, emang ga pernah bisa perhatian!”

“……………………” Mas Go-Jek kehabisan kata-kata.

“Halo? Haloooooo?” Gusti menuntut penjelasan.

“…………………..” Mas-nya masih hening tak percaya nasib buruknya.

“Oh gitu, jadi sekarang kamu diemin aku????”

“I..Iya Mba. Tunggu bentar ya, aku jemput sekarang. Mba, pake baju apa?”

“Aku pake baju abu-abu, celana panjang item sama jilbab item. Tadinya aku mau pake baju merah hati garis-garis putih, tapi karena garisnya nyamping ga jadi deh, nanti aku makin keliatan lebar…. Halo? Haloooo?”

Tut…tut…tut….tut. Mas Go-Jek nutup telpon. Udah ga sanggup lagi.

Lima menit kemudian Gusti dengan bahagia duduk dibonceng pria berjaket hijau hitam dengan tangan mesra melingkar ke pinggangnya.

“Jadi Mabs,” Gusti ngelanjutin ceramahnya ke Gue. “Gue lebihin goceng tu bayarannya Mas Go-Jek. Orang kurang paham aje kan mereka butuh duit buat nelpon pelanggannya. Jadi jangan pas-pas lah bayarnye, lebihin dikit.”

Ya jelas aje, kalo yang ditelpon kayak Gusti mah percakapan lebih lima menit. Kalo biasa mah paling berapa detik juga kelar. Susah emang kalo pelanggan menggunakan jasa ojek online kayak pacar online. Sengaja minta ditelpon karena ga ada yang nelponin. Huft.

“Menurut gue, kita ga boleh pelit-pelit sama orang yang ekonominya lebih lemah dari kita. Dengan gitu kita buka pintu rejeki kita sendiri, Mabs.”

Gue manggut-manggut aja dengerin. Sambil jagain kentang gue. Soalnya selama cerita tangan si Gusti aktif banget ngembatin kentang gue.

“Balesannya buat kita, bukan aje dalam bentuk materi, Mabs. Orang itu suka sempit memahami rejeki. Duit aje yang diitung. Padahal rejeki banyak macemnye. Kayak kite makan gini ni juga rejeki, Mabs.”

Ya jelas rejeki. Lha, gue yang bayar. Tadi si Gusti di kasir abis makanannye dateng doi langsung angkut nampan trus bilang ke Mbak Kasir, “Sekalian ama yang belakang ye, Mba.” Tanpa minta persetujuan gue. Kebiasaan emang ni bocah.

“Kite bisa maksi ama temen-temen di jam kerja. Trus kerjaan kite lancar. Lau dapet klien yang baek-baek. Apa yang lau kerjain lancar jaya sentosa. Kerjaan gue juga alhamdulillah ga pernah ada halangan yang gimane-gimane. Walaupun ga punya pacar, idup gue juga seneng-seneng aje, ga stres. Itu rejeki, Mabs!”

Iye, rejeki buat lu, derita buat si Mas Go-Jek. Gue yakin sekarang saban doi mau nge-klik order doi bakal trauma keinget-inget pengalamannye sama si Gusti. Bisa amsiong kalo dapet penumpang model gitu lagi.

Yah, begitulah posting inspiratif kita yang pertama. Kalo ga menginspirasi ya maklum aje, pan kite bukan Mario Teguh. Alhamdulillah rambut gue masih utuh, Gusti juga masih tinggal di Kebon Sayur Way, belom di Golden Ways.

Demikian,


Wassalam para pembaca

Jakarta, 26 April 2016

5 komentar:

  1. hahahahahaha....titip salam buat mbak gusti yg doyan kentang..

    BalasHapus
  2. Itu Rangga fitnah! Nanti biar dia di-hap sama Mas Ipul

    BalasHapus
  3. Bukannya mba Gusti udah kurus mabs?
    Kan diet dulu dia.

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus